Langsung ke konten utama

[TASK] Bancassurance


source from here




Dikatakan dalam salah satu surat edaran dari Otoritas Jasa Keuangan bahwa bancassurance adalah aktivitas kerja sama antara perusahaan asuransi dengan bank dalam rangka memasarkan produk asuransi melalui bank.[1] Secara harfiah pun dapat dengan jelas bahwa ada kerja sama yang terjalin antara dua lembaga keuangan berbeda jenis tersebut, yang mana, hubungan hukum yang terbangun lebih merujuk pada sifat keagenan, di mana pihak bank yang bertindak sebagai agen akan menjual produk-produk asuransi mitra berkontraknya.[2]
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab merebaknya pola pemasaran yang terbilang baru di Indonesia ini. Poin faktor-faktor tersebut meliputi kian meningkatnya kebutuhan serta pemahaman masyarakat Indonesia terhadap aspek finansial dalam kehidupan, hingga upaya masing-masing, baik bank maupun pihak asuransi untuk berbarengan meningkatkan kinerja mereka baik dalam hal inovasi produk maupun pelayanan terhadap nasabah.[3]
Karena bancassurance ini tergolong baru, masih terdapat banyak kekeliruan dalam mengklasifikasikan bentuk dari transaksi ini. Secara umum orang banyak orang beranggapan bahwa bancassurance adalah praktik menjual produk asuransi lewat bank, padahal sebaliknya juga dapat terjadi.[4] Artinya bisa terjadi pertukaran silang antara kedua lembaga bank dan asuransi yang bersifat simbiosis mutualisme.
Pun, selain itu, ada beberapa catatan yang menjadi penentu suatu kontrak dapat terklasifikasi ke dalam kerja sama bancassurance, yakni:[5]



            Referensi yang merupakan aktivitas bank dalam merekomendasikan suatu produk asuransi kepada nasabah. Berdasarkan cakupan tujuannya, terdapat dua jenis aktivitas referensi, yakni referensi yang berkaitan dengan produk bank yang digunakan nasabah, dan aktivitas merekomendasikan produk asuransi tanpa menghubungeratkan dengan layanan bank yang tengah digunakan nasabah. Referensi dalam rangka pemenuhan produk bank diinformasikan saat nasabah memang diharuskan untuk mengikutsertakan diri pada asuransi sebagai syarat agar pihak bank bisa menuntaskan pelayanannya. Contohnya adalah kredit kendaraan bermotor yang disertai kewajiban asuransi kerugian terhadap kendaraan bermotor yang pengikutsertaan asuransinya ditangani oleh pihak bank. Sedangkan aktivitas referensi yang kedua adalah saat bank mereferensikan produk asuransi yang tidak menjadi persyaratan untuk memperoleh suatu produk perbankan kepada nasabah. Aktivitas ini dapat dilakukan melalui pemberian brosur, leaflet, dan hal-hal sejenis yang memuat penawaran dari perusahaan asuransi melalui bank. [6]
            Harus ada unsur distribusi pada aktivitas kerjasama untuk memasarkan produk asuransi tersebut. Dalam hal ini, seperti telah disinggung sebelumnya, bank memasarkan produk asuransi dengan cara memberikan penjelasan mengenai produk asuransi tersebut secara langsung kepada nasabah.[7]
            Adanya integrasi yang merupakan upaya memadukan atau memodifikasi produk asuransi dengan produk bank. Aktivitas kerja sama pemasaran ini dilakukan oleh bank dengan cara menawarkan atau menjual bundled product kepada nasabah.[8] Dalam konteks ini, akan ada penciptaan produk hybrid yang dilakukan oleh pihak perbankan. Produk hybrid itu sendiri merupakan perpaduan antara produk perbankan dengan lembaga keuangan non-bank lainnya seperti asuransi.[9] Di sini, bank yang berperan sebagai agen akan memperoleh peningkatan fee based income atau keuntungan yang diperoleh di luar pos bunga.[10]
            Agar pelaksanaannya berjalan efektif dalam koridor yang legal dan formal, serta orientasi mutualisme untuk semua pihak dapat terwujud, maka pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan surat edaran bernomor 32 tentang saluran pemasaran produk asuransi melalui kerja sama dengan bank atau dalam kata lain adalah bancassurrance.[11] Surat edaran tersebut memuat ketentuan umum, persyaratan perusahaan hingga model kerjasama bancassurrance, manajemen risiko untuk pihak perusahaan, sampai diatur perlindungan untuk para konsumen pula.





[1] Otoritas Jasa Keuangan, Salinan Suran Edaran OJK No. 32/SEOJK.05/2016 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi Melalui Kerja Sama dengan Bank (Bancassurrance), (Jakarta, 2016), hlm. 2.
[2] Andika Persada Putera, Karakteristik Keagenan Bank dalam Yuridika Vol. 29 No. 3, (Surabaya, 2014), hlm. 265.
[3] Ibid, hlm. 264.
[4] Zulfahmi, Skripsi S1: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bancassurance Syariah pada Pemasaran Asuransi Pembiayaan (Studi Kasus PT Asuransi Takaful Keluarga), (Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, 2009), hlm. 23.
[5] Bank Indonesia, Surat Edaran Perihal Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Aktivitas Kerjasama Pemasaran dengan Perusahaan Asuransi (Bancassurance), (Jakarta, 2010), hlm. 2.
[6] Ibid, hlm. 2-5.
[7] Ibid, hlm. 5.
[8] Ibid, hlm. 6.
[9] Andika Persada Putera, Karakteristik Keagenan Bank dalam Yuridika Vol. 29 No. 3, (Surabaya, 2014), hlm. 261.
[10] Ibid, hlm. 263.
[11] Otoritas Jasa Keuangan, Salinan Suran Edaran OJK No. 32/SEOJK.05/2016 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi Melalui Kerja Sama dengan Bank (Bancassurrance), (Jakarta, 2016), hlm. 1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TASK] Proposal Usaha (Kewirausahaan)

Ini tugas bikin proposal waktu kelas sebelas hihi :3 Gak tau bener gak tau nggak soalnya dulu gak sempet direview sama gurunya -,- Disusun oleh: Asti Nurhayati Sri Isdianti Kelas XI-AP4 SMK Negeri 1 Garut 2012-2013 BAB 1 PENDAHULUAN A. Nama dan Alamat Perusahaan Toko Buku   “27 RADAR” Jl.   Radar   No. 27 Garut B. Nama dan Alamat Penanggung Jawab Usaha Ø     Penanggung jawab 1: Nama : Asti Nurhayati Nurjaman   TTL : Garut, 19 Agustus 1996   Ø      Penanggung jawab 2: Nama : Sri Isdianti TTL : Garut, 12 September 1996   C. Informasi Usaha          Usaha toko buku yang kami kelola ini berada di Jl.   Radar   No. 27, merupakan lokasi yang sangat strategis yang berada di pusat kota Garut ini, bisa dengan mudah dijangkau oleh kendaraan apapun. Juga terletak di antara banyaknya pusat perkantoran serta sekolah-sekolah sehingga menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi kami karena berdekatan dengan banyak

[BOOK REVIEW] Sejarah Ekonomi Dalam Islam

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Judul: Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Penulis:DR. Euis Amalia, M.Ag Penerbit: Gramata Publishing Tebal Buku: xiv + 322 halaman ISBN: 978-602-96565-1-0 Harga: Rp. 69.000,- Sumber gambar: goodreads Ada kesenjangan epistemologi yang mengemuka lebar tatkala ingin menampilkan literatur sejarah pemikiran ekonomi. Nilai fairness dan transparansi seolah sulit untuk dibuka ketika dihadapkan pada siapa menemukan apa karena bermuara pada “otoritas klaim.” Fakta-fakta ironis menyebutkan bahwa seringkali hasil karya ilmuwan muslim kita diabaikan oleh sarjana barat, padahal mereka sendiri secara implisist mengakui banyak karyanya telah diilhami oleh  pemikir Islam atau karya mereka tidak pure lagi karena sebelumnya sudah diketemukan teori oleh sarjana muslim. Hanya bisa dihitung dengan jari penulis-penulis barat yang mengakui bahwa konsep-konsep atau teorinya berasal dari pemikir Islam. Secara simplistis saja,

[BOOK REVIEW] Early Lari Dari Masa Lalu

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Judul: Early Penulis: Syafrina Siregar Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tebal Buku: 200 halaman Cetakan Pertama: Juli 2013 ISBN: 978- 979-22-9611-2 Harga: Rp. 35.000,- Sumber Gambar: goodreads Lari dari masa lalu memang melelahkan. Apalagi buat Early yang nekat melarikan diri ke sebuah kota yang sama sekali tak dikenalnya. Bergantung pada Marco, lelaki tampan yang baru dikenalinya, justru membawanya ke dunia yang jauh lebih indah. Early sangat menikmati hidupnya. Tapi tiba-tiba pekerjaan mengharuskannya kembali ke kota tempat masa lalu menghantuinya. Ternyata masa lalu memang masih mengejarnya. Manto, yang berusaha dienyahkannya dari mimpi buruknya, sudah menyiapkan rencana jahat untuk Early. Sementara ibunya sendiri sama sekali tak mampu melindunginya. Sementara Mitha, yang pernah sangat baik dan banyak membantu Early, sedang jatuh cinta. Bagaimana kelanjutan hubungan Early dengan Marco? Siapa yang