Langsung ke konten utama

[BOOK REVIEW] Petualangan Kaum Touché


 
source from goodreads

Judul                            : Touché
Penulis                         : Windhy Puspitadewi
Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku                  : 208 halaman
Cetakan Pertama
         : Mei 2011
ISBN                           : 9786020303635                 
Harga                           : Rp. 35.000,-




Selain kemampuan aneh yang bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain lewat sentuhan, Riska memiliki kehidupan normal layaknya siswi SMA biasa. Tapi semua berubah sejak kedatangan Pak Yunus, guru pengganti, dan perkenalannya dengan Indra yang dingin dan Dani si juara kelas.
Riska kemudian diberitahu bahwa dirinya adalah touché alias orang yang memiliki kemampuan melalui sentuhan, seperti halnya Indra, Dani, dan Pak Yunus sendiri. Seakan itu belum cukup mengejutkan, Pak Yunus diculik! Sebuah puisi kuno diduga merupakan kunci untuk menemukan keberadaan Pak Yunus.
Dengan segala kemampuan mereka, Riska, Dani, dan Indra pun berusaha memecahkan kode dalam puisi kuno tersebut dan menyelamatkan guru mereka.










Judul novel ini adalah sebutan untuk orang-orang yang memiliki kemampuan khusus. Tentunya sangat jarang dimiliki oleh manusia pada umumnya. Riska, Indra, dan Dani adalah bagian dari kaum touché itu.
Mereka bertiga dipertemukan oleh guru baru, yaitu Pak Yunus. Lelaki jenius itu bilang bahwa pertemuan tidak sengaja mereka hari itu merupakan bagian dari skenario yang telah dengan rapi disusunnya. Hingga berkumpulah mereka berempat. Di rumah Pak Yunus.
Pak Yunus mengatakan, bahwa meski langka, tapi tak sedikit pula orang lain yang sama dengan mereka. Memiliki kemampuan khusus. Meski tentu saja, kemampuan khusus itu berbeda-beda dan sangat banyak. Seperti di antara mereka, ada Riska si empath yang bisa merasakan perasaan orang lain hanya lewat sentuhan tangan. Indra, mind reader yang bisa dengan leluasa membaca pikiran orang lan, tentu dengan sentuhan tangan juga. Serta si jenius Dani, text absorber yang bisa memindai sekaligus menghafal setiap teks yang bersentuhan dengan tangannya, bahkan satu buku sekalipun.
Kemampuan itu memang sangat menakjubkan. Indra bahkan bisa menjadi murid kesayangan karena selalu meraih kejuaraan judo. Begitu pula dengan Dani yang selalu diikutsertakan dalam berbagai olimpiade.
Meski begitu, di waktu yang sama, kemampuan itu sekaligus menyiksa mereka. Bahkan mereka lebih memilih tak pernah memilikinya. Riska yang selalu tersiksa jika harus turut merasakan perasaan negatif dari orang yang tersentuh oleh tangannya. Sampai Indra, yang dijauhi seluruh anggota keluarga karena kemampuannya itu. Siapa yang ingin ruang paling privasi, yaitu pikiran, dibaca dengan leluasa oleh orang lain? Sering terpikirkan, Indra ingin mengakhiri hidupnya. Namun niat itu lenyap setelah ia bertemu dengan Dani, terlebih Riska. Dua orang yang dia anggap penting, dan sama-sama menganggap Indra penting untuk mereka. Tanpa mempermasalahkan mind reader yang melekat pada dirinya itu.
Kemampuan spesial itu ternyata bukan hanya menimbulkan masalah dari dalam. Kedatangan Pak Yunus justru menjadi awal segalanya. Guru baru mereka itu mengatakan bahwa kaum touché seperti mereka, memiliki hidup yang terancam. Karena banyak pihak di luar sana, yang mengincar kemampuan mereka untuk dimanfaatkan. Sehingga di luar negeri banyak terjadi kasus penculikan para kaum touché.
Termasuk di Indonesia.
Dan mereka adalah bagian dari touché yang diincar itu.
Sampai pada satu waktu, Pak Yunus menghilang.
Riska, Indra, dan Dani mati-matian berusaha menemukan Pak Yunus. Berbekal secuil kode yang dibicarakan dalam beberapa kali obrolan bersama Pak Yunus. Mereka bahkan sampai harus pergi ke Surakarta untuk menemukan Pak Yunus. Dikejar-kejar orang yang pernah nyaris menculik Dani, yang malah berhasi l menyekap Indra di sana.
Tanpa si jenius Indra, Riska dan Dani mencari karibnya itu. Berbekal insting dan kepingan obrolan yang bahkan masih belum terpecahkan. Kehilangan Indra, Riska dan Dani malah tanpa sengaja menemukan Pak Yunus.
Bersama Pak Yunus, mereka berhasil menemukan Indra. Mengejutkannya, Indra langsung mengatakan bahwa justru, Pak Yunus adalah dalang di balik semuanya. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, bukan kejahatan yang menjadi motif Pak Yunus.
Apa itu?
Serius, rame, pokoknya.
Sebenarnya, dari awal-awal aku sudah menebak fakta-fakta yang mungkin dikuak dalam cerita. Dan terkaanku benar. Seperti, Pak Yunus adalah dalang dari kasus yang mengharuskan Riska, Indra, dan Dani sampai pergi ke Surakarta. Yang tidak aku sangka adalah alurnya. Penulis mengemas cerita dalam alur yang simple, tapi lumayan membuat kening berkerut. Bukan hanya perasaan yang diaduk di novel ini, tapi pikiran juga ikut bekerja. Isinya juga cerdas. Baik dari narasi ataupun dialog. Riset yang dilakukan penulis ini benar-benar total, deh. Four thumbs up.
Jangan khawatir, kisah cinta ala remajanya juga ada. Namanya juga teenlit. Hihi
Namun di sini kalian akan menyaksikan kisah cinta yang berbeda. Tidak terlalu digambarkan secara jelas dalam adegan cinta-cintaan pada umumnya, sih, tapi cinta yang terbentuk antara Riska dan Indra terbentuk dalam alur secara halus. Keduanya sama-sama saling menyembunyikan. Apalagi sampai tersentuh tangan satu sama lain. Riska si empath yang bisa merasakan perasaan orang lain. Indra si mind reader yang bisa leluasa menerobos pikiran orang lain. Gawat, kan?
Tapi, manis deh pokoknya. Hehehe
Pokoknya, buat yang suka cerita detektif-detektif begitu, atau yang suka mengacak-acak pikiran untuk menyelesaikan cerita berkasus, novel ini juga rekomen kok.
Dan serius, aku jatuh cinta pada karakter dingin dan wajah ‘bukan urusanku’-nya Indra >,<


Sejak bertemu mereka, saya jadi mencintai diri saya sendiri dan bersyukur hidup di dunia ini. Saya percaya manusia itu hidup demi manusia yang lain. Kita jadi lebih kuat jika menyangkut orang yang penting bagi kita. Bapak juga percaya itu, kan?







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TASK] Proposal Usaha (Kewirausahaan)

Ini tugas bikin proposal waktu kelas sebelas hihi :3 Gak tau bener gak tau nggak soalnya dulu gak sempet direview sama gurunya -,- Disusun oleh: Asti Nurhayati Sri Isdianti Kelas XI-AP4 SMK Negeri 1 Garut 2012-2013 BAB 1 PENDAHULUAN A. Nama dan Alamat Perusahaan Toko Buku   “27 RADAR” Jl.   Radar   No. 27 Garut B. Nama dan Alamat Penanggung Jawab Usaha Ø     Penanggung jawab 1: Nama : Asti Nurhayati Nurjaman   TTL : Garut, 19 Agustus 1996   Ø      Penanggung jawab 2: Nama : Sri Isdianti TTL : Garut, 12 September 1996   C. Informasi Usaha          Usaha toko buku yang kami kelola ini berada di Jl.   Radar   No. 27, merupakan lokasi yang sangat strategis yang berada di pusat kota Garut ini, bisa dengan mudah dijangkau oleh kendaraan apapun. Juga terletak di antara banyaknya pusat perkantoran serta sekolah-sekolah sehingga menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi kami karena berdekatan dengan banyak

[BOOK REVIEW] Sejarah Ekonomi Dalam Islam

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Judul: Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Penulis:DR. Euis Amalia, M.Ag Penerbit: Gramata Publishing Tebal Buku: xiv + 322 halaman ISBN: 978-602-96565-1-0 Harga: Rp. 69.000,- Sumber gambar: goodreads Ada kesenjangan epistemologi yang mengemuka lebar tatkala ingin menampilkan literatur sejarah pemikiran ekonomi. Nilai fairness dan transparansi seolah sulit untuk dibuka ketika dihadapkan pada siapa menemukan apa karena bermuara pada “otoritas klaim.” Fakta-fakta ironis menyebutkan bahwa seringkali hasil karya ilmuwan muslim kita diabaikan oleh sarjana barat, padahal mereka sendiri secara implisist mengakui banyak karyanya telah diilhami oleh  pemikir Islam atau karya mereka tidak pure lagi karena sebelumnya sudah diketemukan teori oleh sarjana muslim. Hanya bisa dihitung dengan jari penulis-penulis barat yang mengakui bahwa konsep-konsep atau teorinya berasal dari pemikir Islam. Secara simplistis saja,

[BOOK REVIEW] Early Lari Dari Masa Lalu

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Judul: Early Penulis: Syafrina Siregar Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tebal Buku: 200 halaman Cetakan Pertama: Juli 2013 ISBN: 978- 979-22-9611-2 Harga: Rp. 35.000,- Sumber Gambar: goodreads Lari dari masa lalu memang melelahkan. Apalagi buat Early yang nekat melarikan diri ke sebuah kota yang sama sekali tak dikenalnya. Bergantung pada Marco, lelaki tampan yang baru dikenalinya, justru membawanya ke dunia yang jauh lebih indah. Early sangat menikmati hidupnya. Tapi tiba-tiba pekerjaan mengharuskannya kembali ke kota tempat masa lalu menghantuinya. Ternyata masa lalu memang masih mengejarnya. Manto, yang berusaha dienyahkannya dari mimpi buruknya, sudah menyiapkan rencana jahat untuk Early. Sementara ibunya sendiri sama sekali tak mampu melindunginya. Sementara Mitha, yang pernah sangat baik dan banyak membantu Early, sedang jatuh cinta. Bagaimana kelanjutan hubungan Early dengan Marco? Siapa yang