Langsung ke konten utama

[BOOK REVIEW] Trapped on the Trip

source from google


Judul
                            : Mencarimu
Penulis
                         : Retni S.B.
Penerbit                       : Bentang Pustaka
Tebal Buku                  : 298 halaman
Cetakan Pertama
          : Mei 2014
ISBN                            : 978-602-291-024-4            
Harga                           : Rp. 49.000,-


Aku harus menyelesaikan misiku: menemukan Bapak dan menghabisi gangguan psikis yang telah memenjarakanku selama tiga tahun terakhir.
Uhm .... Mungkin aku bisa memulainya melalui Rakho. Aku ingin menyelinap di antaranya, untuk kemudian lenyap. Sederhana saja.
Tapi, kenyataannya tidak sesederhana itu. Terlalu rumit bahkan, untuk sebuah perjalanan panjang yang serba mengejutkan ini.




Matahari. Merantau ke Jakarta untuk mencari seseorang yang membuat dirinya ada. Ya, sosok Bapak. Namun, belum juga misi pertamanya itu kelar, ia malah dengan ceroboh disandung peliknya sebuah persoalan. Apalagi kalau bukan cinta, bukan? Bukan hanya cinta, satu demi satu masa lalu tentang sang Ibu, yang tentunya berkaitan pula dengan dirinya, sedikit demi sedikit terkuak. Saat kenyatan yang bertahun-tahun dicarinya semakin menyeruak, saat itu pula sedikit demi sedikit relung hatinya tersayat. Matahari terperangkap di perjalanan yang bahkan, rutenya ia ciptakan sendiri.
Penulis kayaknya seorang traveler deh, ya. Kalau pun bukan, berarti dia hebat deh dalam mendeskripsikan suasana tempat demi tempat yang ada dalam cerita. Berasa keliling Indonesia pokoknya. Bersama Matahari, Rakho, dan Owan tentunya.
Yups, jika kalian menebak ada cinta segitiga di antara mereka, sama sekali itu bukan tebakan yang salah. Tapi bagaimana alur segitiga yang mengungkung mereka, nggak akan aku ceritain. Spoiler dong. Haha.
Penulis memiliki diksi yang kaya. Juga cara meramu kata yang tak membosankan. Cenderung puitis malah. Dijadikan quote-quote gitu juga cocok banget. Aku suka pokoknya. Makanya banyak yang aku highlight loooh. Hehehe.
Cuma satu yang kurang terasa sreg gimana gitu. Berkaitan dengan sudut pandang yang digunakan di sini, yaitu orang pertama. Nggak ada yang salah dengan penggunaan POVnya, tapi aku merasa si orang pertama di sini, baik saat berada di posisi Matahari maupun Rakho, si tokoh seakan asyik sendiri. Menurutku juga, penokohan antara yang satu dengan yang lain seakan sama, apalagi dalam dialog. Contohnya, penceritaan saat Rakho sedang selftalk terasa kurang nyaman karena cara dan penjiwaan selftalk terasa sama dengan saat bagian selftalk si Matahari. Padahal di sini kan ceritanya si Rakho itu laki bangettt. Hehe

Overall, aku suka baca buku ini. Karena diajak berkeliling ke banyak tempat oleh penulis. Wihihi :D

Rakho dan Matahari, traveler yang sama-sama tersesat dalam perjalanan yang mereka arungi. Mereka sadar. Ingin berpura-pura saja jika mungkin. Namun mereka tak boleh. Sama sekali.
Traped on the Trip.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TASK] Proposal Usaha (Kewirausahaan)

Ini tugas bikin proposal waktu kelas sebelas hihi :3 Gak tau bener gak tau nggak soalnya dulu gak sempet direview sama gurunya -,- Disusun oleh: Asti Nurhayati Sri Isdianti Kelas XI-AP4 SMK Negeri 1 Garut 2012-2013 BAB 1 PENDAHULUAN A. Nama dan Alamat Perusahaan Toko Buku   “27 RADAR” Jl.   Radar   No. 27 Garut B. Nama dan Alamat Penanggung Jawab Usaha Ø     Penanggung jawab 1: Nama : Asti Nurhayati Nurjaman   TTL : Garut, 19 Agustus 1996   Ø      Penanggung jawab 2: Nama : Sri Isdianti TTL : Garut, 12 September 1996   C. Informasi Usaha          Usaha toko buku yang kami kelola ini berada di Jl.   Radar   No. 27, merupakan lokasi yang sangat strategis yang berada di pusat kota Garut ini, bisa dengan mudah dijangkau oleh kendaraan apapun. Juga terletak di antara banyaknya pusat perkantoran serta sekolah-sekolah sehingga menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi kami karena berdekatan dengan banyak

[BOOK REVIEW] Sejarah Ekonomi Dalam Islam

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Judul: Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Penulis:DR. Euis Amalia, M.Ag Penerbit: Gramata Publishing Tebal Buku: xiv + 322 halaman ISBN: 978-602-96565-1-0 Harga: Rp. 69.000,- Sumber gambar: goodreads Ada kesenjangan epistemologi yang mengemuka lebar tatkala ingin menampilkan literatur sejarah pemikiran ekonomi. Nilai fairness dan transparansi seolah sulit untuk dibuka ketika dihadapkan pada siapa menemukan apa karena bermuara pada “otoritas klaim.” Fakta-fakta ironis menyebutkan bahwa seringkali hasil karya ilmuwan muslim kita diabaikan oleh sarjana barat, padahal mereka sendiri secara implisist mengakui banyak karyanya telah diilhami oleh  pemikir Islam atau karya mereka tidak pure lagi karena sebelumnya sudah diketemukan teori oleh sarjana muslim. Hanya bisa dihitung dengan jari penulis-penulis barat yang mengakui bahwa konsep-konsep atau teorinya berasal dari pemikir Islam. Secara simplistis saja,

[BOOK REVIEW] Early Lari Dari Masa Lalu

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Judul: Early Penulis: Syafrina Siregar Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tebal Buku: 200 halaman Cetakan Pertama: Juli 2013 ISBN: 978- 979-22-9611-2 Harga: Rp. 35.000,- Sumber Gambar: goodreads Lari dari masa lalu memang melelahkan. Apalagi buat Early yang nekat melarikan diri ke sebuah kota yang sama sekali tak dikenalnya. Bergantung pada Marco, lelaki tampan yang baru dikenalinya, justru membawanya ke dunia yang jauh lebih indah. Early sangat menikmati hidupnya. Tapi tiba-tiba pekerjaan mengharuskannya kembali ke kota tempat masa lalu menghantuinya. Ternyata masa lalu memang masih mengejarnya. Manto, yang berusaha dienyahkannya dari mimpi buruknya, sudah menyiapkan rencana jahat untuk Early. Sementara ibunya sendiri sama sekali tak mampu melindunginya. Sementara Mitha, yang pernah sangat baik dan banyak membantu Early, sedang jatuh cinta. Bagaimana kelanjutan hubungan Early dengan Marco? Siapa yang